Lemdiklat Polri, Komjen Rycko Gandeng Ary Ginanjar Lanjutkan Misi Komjen Arief Sulistyanto

By June 28, 2021Berita Terkini

JAKARTA – Tanggal 21 Juni 2021 kemarin, Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. resmi menjadi Guru Besar Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK Bidang Ilmu Kepolisian. Keluarga besar Lemdiklat Polri beserta 46 Kepala Satuan Pendidikan memberikan ucapan selamat kepadanya.

“Selamat atas Pengukuhan Sebagai Guru Besar Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK Bidang Ilmu Kepolisian.”

Kabar tersebut sampai ke telinga Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group). Maka dari itu, pada Selasa (22/6/2021), Komjen Pol Ryco, Ary Ginanjar, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna (Wakapolri 2010-2013) adakan pertemuan untuk silaturahmi serta membahas sebuah program yang akan dilangsungkan di Lemdiklat Polri.

“Mendidik seorang calon polisi dengan hanya memberikan kecerdasan dan keterampilan, tanpa menanamkan keimanan dan ketakwaan agar memiliki akhlak yang mulia, sama saja menyiapkan monster di masa depan,” tegas Komjen Pol Rycko.

Untuk itu, Ary bersama tim siap bersinergi dengan Lemdiklat Polri dalam mendidik calon polisi demi lahirnya insan polisi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

“Menjadikan instruktur, pengajar dan pengasuh di LEMDIK POLRI menjadi COACH, untuk bisa ‘MEMBENAMKAN’ nilai-nilai spiritualis, nasionalis, kode etik Polri di hati QOLBU/little brain heartnya setiap insan Polri agar mempunyai Akhlak yang Mulia. Semoga niat dan program ini terlaksana dalam ridha Allah SWT. Aamiin,” harap Master Trainer ESQ itu.

“Serta harapannya ini sebagai jalan untuk melanjutkan misi Pak Komjen Arief Sulistyanto karena bertemu dengan Pak Komjen Rycko Kalemdiklat Pol yang baru. Bismillah Polisi Emas berhasil,” lanjutnya.

Sebelumnya, sudah berjalan program atau pelatihan yang digelar oleh ESQ maupun ACT Consulting untuk Insan Lemdiklat Polri di antaranya sebagai berikut:

Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Arief Sulistyanto membuka kegiatan Program Transformasi Diri untuk Peserta Didik Pendidikan dan Pembentukan Bintara Tahun Ajaran 2020/2021 pada Rabu (18/11/2020) melalui daring. Event terbesar di Lemdiklat Polri itu melibatkan ESQ dalam kolaborasinya. ‘IHT One Day Coach SERDIK DIKTUKBA POLRI’ adalah tema yang mereka ambil, dan diikuti oleh sekitar 10.250 Bintara dari Sabang hingga Merauke.

Sespimti dan ACT Consulting adakan kolaborasi dalam rangka acara yang bertema “Leadership Sespimti Polri” dipandu oleh Coach Iman Herdimansyah (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian). Sespimti adalah sekolah lanjutan setelah Sespimmen (Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah). Sespimti bertugas menyelenggarakan, menyusun, merumuskan program pendidikan, pengajaran, pelatihan, bimbingan dan pemeliharaan disiplin peserta di lingkungan Sespimti.

KOMBES Pol. Dr. Andry Wibowo, SIK, M. Si selaku KABAG. BINGADIKWA LEMDIKLAT POLRI telah membuka sebuah Pelatihan dan 3.0 Coaching Training Peningkatan Kemampuan Pengasuh Taruna AKPOL – LEMDIKLAT POLRI hasil Kolaborasi dengan ACT Consulting. Sekitar 41 orang dalam webinar diberikan beberapa test sebagai review di hari sebelumnya. Mereka ditanya terkait 2 jenis coaching, coaching principles asking, ESQ Model dan lainnya.

Tulisan “Pelatihan Peningkatan Kemampuan dan Sertifikasi Pendidikan Pengasuh Satdiklat Polri TA 2021” terpampang jelas saat Seminar Transformasi Pengasuh Polri yang Presisi pada Jumat (9/4/2021) secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan SDM Polri yang unggul di Era Revolusi Industri 4.0 menuju masyarakat 5.0.

Leave a Reply